Dampak Positif dan Negatif Internet

Dibalik kemudahan dalam mengakses internet, terdapat banyak dampak Positif dan Negatif yang dapat kita peroleh sebagai pengguna dari internet.

Bagi kalian yang sedang mencari artikel ini untuk keperluan tugas sekolah, ataupun hanya iseng browsing-browsing, Anda tidak salah jalan. Berikut langsung saja beberapa dampak Positif dan Negatif Internet:

Dampak Positif Internet

Banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari penggunaan internet, bahkan secara tidak sengaja loh. Apasajakah itu?

1. Menambah Ilmu Wawasan dan Pengetahuan

Dengan adanya internet, kita jadi lebih tahu mengenai berbagai Ilmu pengetahuan di berbagai bidang dari seluruh dunia. Terutama bagi kita seorang siswa, karena dengan internet kita dipermudah dalam urusan mencari informasi yang berkaitan dengan pelajaran.

Kita juga dapat melihat berbagai macam informasi berupa video, jadi tentunya akan mempermudah lagi penyerapan informasi yang diperoleh. Banyak video edukasi yang sebarkan di Youtube, kalianpun tidak hanya bisa melihat atau membaca di internet, namun juga bisa memberikan informasi juga melalui berbagai sarana, misal seperti ini menggunakan media Website.

2. Menjadi Media Komunikasi yang Efektif

Internet merupakan alat komunikasi yang digunakan bagi kalangan penggunanya untuk berkomunikasi dengan pengguna internet lain. Contohnya ada aplikasi media sosial seperti Whatsapp, twitter, line, facebook, dll.

Hal ini tentunya memudahkan bagi kita pengguna internet untuk melakukan komunikasi dengan siapapun, dimanapun, dan kapanpun. Terutama bagi yang terkendala oleh jarak.

3. Dimudahkan Mencari Lowongan Pekerjaan

Selain mudahnya mencari wawasan informasi,Anda juga dapat mencari lowongan pekerjaan melalui internet. Seperti yang telah kita ketahui, sekarang Internet telah menjadi wadah tersendiri untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak juga situs-situs yang menyediakan informasi lowongan pekerjaan di Internet sekarang.

Dampak Negatif Internet

Namun dibalik beberapa dampak positif internet juga mempunyai dampak negatif, apa sajakah itu? berikut beberapa dampak negatif internet:

1. Tersebarnya Video yang Tidak Pantas untuk Anak Kecil

Tidaklah salah jika internet dikaitkan dengan hal-hal berbau konten porn*grafi, baik berupa gambar, video, suara, maupun berupa tulisan. Media internet bisa memberikan peluang bagi seseorang untuk melihat, mengambil, serta menjual video yang tidak pantas untuk dilihat, khususnya anak kecil.

2. Mudah Tersebarnya Informasi Palsu

Kekurangan lainya yaitu dimudahkan dalan penyebaran informasi palsu atau yang lebih dikenal dengan istilah Hoax yang dibuat oleh oknum-oknum tertentu dengan tujuan menjelek-jelekan suatu pihak, bahkan hanya untuk kesenangan pribadinya.

Sebetulnya cukup mudah untuk mendeteksi informasi palsu, namun pengguna internet pasti lebih suka untuk langsung mempercayai dan membagikan informasi palsu tersebut walaupun info tersebut belum dipastikan kebenarannya.

3. Mudahnya Menampilkan Kekejaman

Kelengkapan informasi di internet membuat beberapa situs website bisa dengan mudah untuk menampilkan segala bentuk kekejaman dan kesadisan menjual situs yang bersangkutan. Hal ini memang bersifat aneh namun peristiwa seperti ini sering terjadi untuk menaikan pamor situs tersebut.

Mungkin itu adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari penggunaan internet dizaman sekarang menurut arahtekno.com. Sekian dan semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *