Doa Mencuci Beras Agar Berkah

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai doa sehari hari untuk doa mencuci beras agar mendapatkan berkah.

Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat indonesia. Dan sebagai makanan pokok, maka kita akan dapat menemukannya di warung makan hingga di restoran yang ada di daerah-daerah di Indonesia.

Akan tetapi, sebelum menjadi nasi, tentunya sebelumnya berupa beras dan harus di cuci terlebih dahulu, dan untuk mencuci beras ini haruslah dengan membaca do khusus terlebih dahulu.

Doa Mencuci Beras Agar Berkah
Doa Mencuci Beras Agar Berkah

Di Indonesia sendiri, kita dapat menemukan berbagai maca nasi, seperti halnya nasi putih, nasi hitam hingga nasi merah. Dan yang sering di konsumsi oleh masyarakat indonesia adalah nasi putih

Hal ini tentunya dapat di karenakan memang nasi putih memiliki harga yang lebih murah di bandingkan dengan harga nasi yang lainnya.

Selain karena harganya yang lebih murah, selain itu juga memiliki kandungan nutrisi yang dapat mencukupi kandungan gizi kita. Mulai dari karbohidrat hingga energinya.

Selain itu nasi juga memiliki kandungan yang lainnya antara lain adalah vitamin B1. Vitamin B1 ini memilki peran untuk meningkatkan fungsi kognitif.

Baik memasak beras dengan cara yang tradisional yaitu dengan menggunakan tungku atau pun dengan menggunakan cara yang lebih modern yaitu dengan memakai rice cooker, ada sebuah ritual yang harus dilakukan terlebih dahulu, yaitu garus mencuci beras.

Proses pencucin beras ini tentunya untuk menghikangkan berbagai macam kotoran yang mungkin saja terdapat di di dalam beras yang akan kita masak.

Akan tetapi, apakah anda sudah mengetahui bagaimana caranya untuk mencuci beras ini dengan cara yang tepat agar dapat keluar semua nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Salah satu fakta yang dapat kita temui dari Vitamin B1 adalah bahwa akan larut di dalam air. Pada biji beras, vitamin B1 terletak pada permukaan beras. Sehingga apabila kita mencuci beras dengan cara menggosok0gosokannya sebenarnya bukan cara yang tepat.

Jadi, seharusnya beras dibersihkan dengan cara membuang kotoran atau debu yang menempel saja agar tidak ikut di masak.

Meski hal seperti ini terkesan tidak penting atau bahkan sepele untuk sebagian orang, akan tetapi sebenarnya meupakan pengetahuan yang sangat baik.

Berikut ini adalah doa mencuci beras agar berkah dan adabnya yang dapat kita gunakan sebagai doa sehari-hari agar mendapat berkah dari makanan:

  • Harus menggunakan tangan sebelah kanan saat mencuci beras.
  • Aduklah beras dengan cara yang berlawanan dengan putaran arah jarum jam atau sama dengan arah tawaf.
  • Lalu bacalah “ Laisalaha minduunillahi kaasyifah” yang artinya tidak ada penyembuh selain dari Allah SWT.
  • Boleh juga apabila dengan membaca Yaa Lthiif sebanyak 3 kali.
  • Ulangilah basuhan kepada beras sebanyak 3 kali.
  • Bacalah Sholawat nabi.
  • Niatkan dalam hati anda agar dilembutkan hati kita sendiri dan keluarga kita.

Demikianlah doa sehari-hari yang dapat digunakan sebagai doa mencuci beras agar mendapat berkah,semoga dapat membantu anda yang sedang mencari pengetahuan mengenai doa mencuci beras ini.

Terima kasih telah membaca. Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *