Manfaat Minyak Ikan

Saat ini sudah banyak beredar berbagai obat yang memiliki kandungan minyak ikan, bahkan tak sedikit yang dijadikan suplemen dalam bentuk kapsul.

Minyak ikan menjadi zat yang spesial karena memiliki kandungan omega 3, yang merupakan asam lemak essensial yang sangat dibutuhkan tubuh dan memiliki banyak khasiat.

Sebenarnya apa saja sih Manfaat Minyak Ikan, yang dipercaya memiliki segudang khasiat tersebut? Berikut kami akan mengulasnya, baca artikel ini sampai akhir yah.

Beragam Manfaat Minyak Ikan

Memelihara Kesehatan Jantung

Mengonumsi ikan yang memiliki banyak kandungan minyak ikan, sangat baik untuk menjaga dan mengurangi resiko penyakit jantung.

Telah dilakukan penelitian terhadap beberapa orang, yang mengonumsi minyak ikan secara rutin terbukti memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan memiliki jantung yang sehat.

Baik Untuk Ibu Hamil

Selain baik untuk kesehatan tubuh kita, ternyata minyak ikan juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil juga loh.

Karena terdapat kandungan EPA dan DHA yang ada di dalam minya ikan, dapat mengurangi resiko bayi terlahir prematur, serta juga dapat membantu meningkatkan berat badan bayi ketika lahir.

Mencegah Penyumbatan Darah

Minyak ikan juga membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, karena terbukti mampu mencegah penyumbatan pembuluh darah.

Dengan rutin mengonsumsi minyak ikan membantu mengurangi kadar kolestrol jahat serta mencegah terjadinya peradangan, yang menjadi pemicu terjadinya penyumbatan pembuluh darah.

Mengurangi Kadar Trigliserida

Semakin tinggi kadar trigliserida di dalam darah akan memicu timbulnya penyakit jantung, dengan mengonsumsi minyak ikan dengan rutin dapat mengurangi kadar trigliserida di dalam tubuh.

Mengurangi Kebutuhan Obat Obatan

Bosan mengonsumsi obat obatan tersu menerus? Coba konsumsi minyak ikan mulai dari sekarang.. Minyak ikan mampu membantu ketergantungan obat pada penderita asma dan pada sebagian anak hingga remaja, namun sejauh ini tidak untuk orang dewasa.

Apakah Minyak Ikan Beresiko?

Meskipun banyak sekali khasiat yang bisa didapat dengan mengonsumsi minyak ikan, namun perlu di garis bawahi, jika menginsumsi minyak ikan dengan dosis berlebih dapat memicu berbagai resiko kesehatan.

Beberapa resiko yang mungkin bisa terjadi jika mengonsumsi minyak ikan berlebih adalah :

  • Memicu permasalahan gula darah dalam tubuh.
  • Beberapa jenis ikan laut mengandung zat merkuri yang tidak baik untuk masuk ke dalam tubuh. Beberapa jenis ikan yang memiliki kandungan merkuri seperti makarel dan tuna albacore. Meskipun belum tentu terkandung juga di dalam minyak ikan.
  • Dapat mempengaruhi obat obatan yang sedang dikonsumsi, seperti halnya obat pengencer darah.
  • Terlalu banyak mengonsumsi minyak ikan, ternyata juga dapat memicu munculnya resiko stroke.
  • Bisa menyebabkan mual, nyeri ulu, mimisan, bahkan tinja air.
  • Meningkatkan resiko pendarahan, apabila mengonsumsi lebih dari 3 gram minyak ikan dalam sehari.
  • Pada pasian tranplantasi jantung, konsumsi asam lemak omega 3, dapat mempengaruhi laju detak jantung.

Kesimpulan

Dapat diambil kesimpulan bahwa mengonsumsi minyak ikan dengan kadar rendah atau normal, relatif aman bagi sebagian besar orang yang tidak terkena penyakit tertentu, seperti yang sudah disebutkan di atas.

Namun, karena riwayat penyakit setiap orang berbeda beda, sebelum mengonsumsi minyak ikan secara rutin, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Guna mendapatkan nutrisi yang maksimal, sangat disarankan untuk mengonsumsi minyak ikan langsung dari sumbernya.

Karena meskipun banyak mengonsumsi minyak ikan dalam bentuk suplemen, akan tetap lebih baik mengonsumsi minyak ikan dari asalnya langsung yaitu dari daging ikan, apalagi kalau kamu Suka Ikan, tentunya tidak ada masalah.

Kamu bisa mendapatkan manfaat yang lebih beragam dengan mengonsumsi ikan secara langsung, bukan hanya minyak ikan, namun kandungan lain yang bermanfaat bagi tubuh juga bisa didapatkan.

Nah Beberapa Rekomendasi Jenis Ikan yang memiliki kandungan minyak ikan yang baik diantaranya adalah : Ikan Salmon dan Ikan Tuna, serta banyak ikan lainnya. Namun sebelum membelinya, sebaiknya kamu mengetahu harga harga ikan terbaru saat ini, pengentahu harga berbagai jenis ikan, kamu bisa mengunjungi website : https://sukaikan.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *