Merawat Landak Mini

Landak mini salah satu hewan peliharaan yang lucu dan imut, maka dari itu hewan ini sering dijadikan hewan peliharaan oleh pecinta hewan, di Indonesia sudah banyak yang memeliharanya dan ada juga yang sudah mengembangbiakannya.

Landak mini memiliki tubuh kecil dan memiliki duri yang menyelimuti badannya, kecuali bagian perut dan wajah, tetapi duri tersebut tidak tajam seperti landak hutan.

Selain itu landak mini juga memiliki hidung yang panjang dan memiliki penicuman yang baik, jika kalian ingin memliharanya bisa membeli di petshop atau pasar hewan.

Atau kalian jika sudah memilikinya tetapi belum tau cara merawarnya bisa mengikuti cara di bawah ini :

Cara Merawat Landak Mini

A. Kandang

 

kandang landak mini

 

Salah satu perawatan yang harus di perlukan untuk memelihara landak mini yaitu kandang, untuk kandang kalian bisa menggunakan aquarium, kandang hamster atau ember, yang terpenting untuk ruang kandang itu luas agar landak mini dapat bebas dalam bergerak.

Tempatkan kandang yang terhindar dari serangan predator seperti anjing, kucing dll, hal ini agar membuat landak mini tidak mudah stress, dan jangan di taruh di bawah sinar matahari langsung karena juga dapat membuat stress juga.

Kebersihan kandang juga perlu, karena landak mini suka kebersihan, dan jika kandang bersih maka landak mini akan lebih aktif, untuk pembersihan kandang alangkah baiknya maksimal 5 hari sekali.

Untuk alas pada kandang bisa dengan serbuk kayu atau pasir untuk kucing, agar mudah saat mengambil kotoranya,dan bisa tambahkan kain untuk landak mini tidur dan sembunyi.

B. Makanan dan Minuman

 

landak mini makan

 

Untuk pemberian makanan landak mini bisa memberikan makanan seperti ulat hongkong, catfood/dogfoot, atau buah buahan, tetapi untuk pemberian makan ulat hongkong jangan terlalu sering karena dapat menyebabkan obesitas dan nantinya akan membuat mati landak mini.

Untuk miuman landak mini bisa memberikan air matang, tetapi jangan berikan air panas dan menggantinya jangan saat air sudah kotor baru diganti.

Gunakanlah dot hamster untuk tempat air minumnya karena hal ini untuk menghindari terjadi air tumpah dan air tidak higenis karena mungkin sudah tercampur dengan kotoran landak tersebut.

C. Memandikan Landak Mini

 

landak mini mandi

 

Landak mini juga perlu dimandikan, agar landak mini bersih dari kotoran yang menempel pada badannya dan agar tidak bau. jika terdapat kotoran pada badan landak mini dan tidak segera dibersihkan maka akan menjadi kotoran yang keras atau menjadi kerak, hal tersebut membuat landak mini menjadi mudah risih dan gatal.

Cara memandikannya mudah dengan cara sebagai berikut :

1. Menyediakan ember atau baskom
2. Lalu masukan air dan shampo bayi kedalam ember yang sudah di sediakan, setengah saja.
3. Sediakan sikat gigi lalu sikat pada durinya dan biarkan landak untuk berenang di air tersebut.
4. Jika serasa cukup, angkat landak mini dan lap dengan handuk.
5. Langkah terakhir jemur landak mini di bawah sinar matahari

D. Mengajak Bermain dan Berinteraksi

 

bermain landak mini

 

Landak mini juga perlu bermain dengan pemiliknya, hal tersebut agar landak mini tau siapa yang sering memberikan makan padanya dan merawatnya.

Untuk menghandle landak mini bisa dengan mengelus badannya dan menaruh di pangkuan kalian, dan saat di taruh di pangkuan, kalian bisa mengajak mengobrol dengan landak mini agar landak mini menegenali suara kalian. Karena jika kalaian jarang menghandle landak mini maka landak mini akan agresif.

Nahhh,, sekarang kalian paham kan bagaimana cara merawat landak mini, dan kalian bisa mempraktekannya dengan landak mini kesayangan kalian.

Jika kamu ingin mengetahui tentang hewan yang lain bisa kunjungi di blog www.satriahewan.com

Mungkin itu saja yang bisa di share mengenai merawata landak mini, semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *