Daftar Tanaman Air Agar Kolam Tidak Kotor

Bagi Anda yang ingi mendesain rumah secara natural dan memiliki nuansa alami yang tinggi, tentu saja kolam ikan tidak akan ketinggalan.

Namun, meski pembuatannya tidak di katakan sulit, dan cukup mudah, perawatannya tidak bisa di remehkan karena harus di lakukan dengan baik dan benar.

Khususnya jika berkaitan dengan kebersihan kolam yang akan mempengaruhi kebersihannya.

Berkaitan dengan kebersihan kolam, pada umumnya akan di terapkan yang namanya proses filterisasi. Namun, jika proses ini kurang maksimal, tentu saja di butuhkan pendukung pembersih kolam yang di perlukan.

Dan untuk itu, Anda bisa menerapkan tanaman pembersih air kolam. Sedangkan untuk ulasan lebih lanjut tenangnya silahkan Anda simak ulasannya berikut.

Tanaman Air Agar Kolam Ikan Tidak Kotor Terbaik

Nah, untuk bisa menerapkan pembersihan air kolam dengan tanaman air yang bisa di aplikasikan sebagai pembersih, pertama-tama yang harus Anda ketahui adalah apa saja tanaman yang bisa di gunakan.

Karena itu, Anda perlu mendapatkan daftar tanaman tersebut sehingga bisa memilih beberapa tanaman atau salah satunya. Dan berikut merupakan daftar lebih lanjutnya.

tanaman teratai

Teratai

Teratai tentu saja bukanlah tanaman air yang asing bagi masyarakat karena tanaman ini sudah banyak di temukan.

Bahkan bisa di katakan sebagai salah satu tanaman air yang paling familiar.

Nah, ternyata teratai ini memiliki kelebihan tersendiri sebagai pembersih kolam sehingga Anda bisa memanfaatkannya.

Sebagaimana yang disampaikan oleh pihak didekor.com bahwa penggunaan teratai dalam jumlah tertentu tak hanya membuat kolam semakin bersih tetapi juga makin cantik dengan kuntumnya.

Lotus

Bukan hanya teratai, dalam hal ini tumbuhan air bernama lotus juga sangat cocok di gunakan sebagai pembersih kolam.

Tanaman yang satu ini sangat mirip dengan teratai dengan bunga-bunganya yang indah.

Namun, yang membedakannya adalah ukurannya yang lebih besar jika di bandingkan dengan teratai.  Bunga ini juga menebarkan bau wangi sehingga lebih recommended.

Seroja

Bunga yang satu ini juga tidak kalah menarik untuk di gunakan sebagai pembersih kolam. Kalau di Indonesia Bungg Seroja banyak juga di sebut dengan teratai.

Sedangkan untuk perkembangbiakan dan penanamannya, bunga ini banyak cocok jika di aplikasikan di kolam yang dalam.

Namun, untuk masalah bunganya, tumbuhan ini hanya mekar pada bulan tertentu, yakni juli dan agustus.

Kala lili

Bunga yang tidak kalah recommended di gunakan juga adalah Kala Lili dengan bentuknya yang tak kalah unik.

Bunga ini terasa seperti lilin teksturnya sehingga mungkin banyak yang menganggapnya seolah terbuat dari lilin. Sedangkan bentuknya lebih mirip seperti corong putih yang memiliki putik dengan warna kuning cerah.

Bunga Kala Lili juga memberikan aroma yang lembut di sekitarnya.

Enceng gondok

Selain teratai, untuk kategori tumbuhan air, enceng gondok juga tidak kalah terkenal di kalangan masyarakat. Namun, lebih banyak yang mengenalnya sebagai gulma.

Meski demikian, tidak dapat di pungkiri bahwa tanaman ini bisa di jadikan tanaman hias yang bisa ikut membersihkan kolam Anda. Namun, bunga ini bisa mengganggu ketersediaan oksigen dalam air dan bisa memenuhi permukaan.

Papyrus payung

Tanaman lain yang juga cukup terkenal sebagai tanaman yang bisa membantu pembersihan kolam adalam papyrus payung.

Tanaman ini, jika di lihat dari ketinggiannya memang cukup tinggi akrena mencapai satu meter. Sedangkan bentuknya, batangnya berbentuk segitiga dan bunganya menyerupai daun.

Papyrus payung dalam pertumbuhannya hidup secara berkelompok.

Bambu air

Yang terakhir, yang juga tidak kalah rekomended. Sesuai denga namanya, tanaman ini memiliki bentuk yang lebih mirip dengan bambu, namun tumbuhnya di air.

Selain itu, bambu air memiliki ukuran yang cukup kecil, yakni dengan tinggi sekitar 25 – 100 meter. Sedangkan untuk batangnya, hanya berdiameter yang tidak lebih dari 3 cm saja.

Dari beberapa jenis di atas, Anda bisa memilih salah satu diantaranya yang sekiranya paling cocok dengan selera dan bisa di andalkan sebagai pendukung pembersihan air kolam.

Dalam hal ini Anda bisa memilih yang merupakan tanaman hias sehingga bisa menambah keindahan kolam. Terlebih untuk tanaman air yang bunganya memang cukup menarik.

Selain bersih, elemen lain yang harus diperhatikan, yakni kecantikan desain kolam ikan. Untuk ini Anda bisa mencari ragam referensinya di internet, google saja 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *